tokoh inspiratif

Prof. Selo Sumardjan : Makna Keteladanan Dalam Pengabdian

: Rabu, 19 Maret 2014

Bapak Sosiologi Indonesia ini dibesarkan di lingkungan abdi dalem Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat. Kakeknya, Kanjeng Raden Tumenggung Padmonegoro, adalah pejabat tinggi di kantor Kasultanan Yogyakarta. Berkat jasa sang kakek, Soemardjan mendapat pendidikan Belanda.

Koentjaraningrat: Bapak Antropologi Indonesia

: Rabu, 03 Juli 2013

Alumnus Fakultas Sastra/ FIB UI (1952) yang akrab dipanggil Pak Koen ini adalah seorang ilmuwan yang sangat berjasa meletakkan dasar-dasar perkembangan ilmu antropologi di Indonesia.

Prof. Miriam Budiardjo: Ungkapkan Kebenaran Walaupun Pahit

: Senin, 17 Maret 2014

Pakar politik dan penulis buku Pengantar Ilmu Politik, yang menjadi buku wajib mahasiswa politik, itu dikenal sebagai seorang dosen yang cantik berkacamata, berpakaian rapi, bersuara lunak tetapi tegas dan tetap bersahaja. 

SK Trimurti: Militansi Wartawati Pejuang

: Rabu, 12 Juni 2013

Bagi alumnus FEUI (1960) ini, perjuangan tidak mengenal kata akhir. Ia adalah wartawati pejuang yang tidak mengenal rasa takut, mengorbankan apapun yang ia miliki tanpa ada rasa pamrih.

Dr. Radjiman: Dokter Rakyat dan Tokoh Pergerakan

: Jum'at, 08 November 2013

Pengabdian Mas Radjiman saat menjadi dokter pemerintah, memungkinkan untuk  bersentuhan langsung dengan rakyat kecil. Kesamaan nasib semasa kecil yang hidup di keluarga biasa membuatnya mampu menangani penderitaan para pasiennya.

Prof. Emil Salim: Ekonom & Pejuang Langit Biru

: Minggu, 31 Maret 2013

Nama Emil Salim dan lingkungan hidup seolah tak bisa dipisahkan. Kepeduliannya pada lingkungan membuat Emil Salim pernah dipercaya sebagai menteri yang mengurusi lingkungan hidup.

Priyatna Abdurrasyid: Wakil Jaksa Agung Yang Bersih Yang Tersisih

: Sabtu, 02 November 2013

Keteguhan menegakkan supremasi hukum akhirnya menemui tembok besar. Tahun 1971, tanpa kompromi dia memotori pengusutan kasus korupsi di Pertamina, “tambang uang” kroni penguasa. 

Bang Buyung: Jejak Sang Pendekar Hukum & HAM

: Minggu, 31 Maret 2013

Jiwa aktivisnya tak pernah padam, dia akan menyeruak tampil ke depan ketika hukum yang menjadi pilar utama demokrasi dipermainkan. Rasa empatinya yang besar bagi orang-orang yang tak beruntung, yang dizalimi kekuasaan, menjadikannya ikon bagi penagakan HAM di Indonesia.

Retno Wulan: Hakim Yang Tak Mempan Disuap

: Sabtu, 26 Oktober 2013

Ia adalah hakim perempuan pertama di Kota Bandung. Kariernya dibangun dengan reputasi yang bersih, mulai dari Hakim Pengadilan Negeri sampai Hakim Agung di Mahkamah Agung RI. Tak hanya pandai dan ahli, ia punya nilai yang sudah langka diantara para hakim zaman ini: kejujuran dan hati nurani.

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved