Selamat bertugas, Bung Mirza.

Category: Kiprah Alumni : Rabu, 18 September 2013

Selasa (17/9/2013), melalui rapat paripurna DPR RI, alumnus Fakultas Ekonomi UI Mirza Adityaswara akhirnya disahkan sebagai Deputi Senior Bank Indonesia untuk mendampingi seniornya, Gubernur BI Agus Martowardoyo.

Kiprah putra pakar hukum bisnis Sutan Remy Sjahdeini ini memang tak perlu diragukan. Sosok yang dikenal ramah ini fokus menjalani karirnya dibidang perbankan. Setelah lulus dari jurusan Ekonomi Pembangunan FEUI, Mirza mengawali karirnya dengan bergabung di Bank Sumitomo di Jakarta tahun 1989. Tahun 1994, ia kemudian meneruskan pendidikannya di Macquarie University dan selesai tahun 1995.

Kembali ke tanah air, Mirza melanjutkan karirnya di sektor keuangan dam bergabung dengan BZW Niaga Securities sebagai banking analist/assistant director hingga tahun 1997. Ia kemudian bekerja di Deutsche Morgan Grenfell sebagai direktur (1997-1998), lalu direktur di Indosuez W.I.Carr (1998-2001) dan selanjutnya sebagai direktur di Credit Suisse Securities (2002-2005).

Karirnya di sektor keuangan semakin cemerlang ketika ia dipercaya sebagai Managing Director Mandiri Sekuritas tahun 2005. Ia kemudian ditunjuk sebagai Kepala Ekonomi Bank Mandiri tahun 2008. Dan tahun 2012, Mirza angkat sebagai Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggantikan seniornya dari FEUI, Firdaus Djaelani, yang terpilih menjadi anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bulan Agustus 2013 lalu, Presiden SBY mengirim dua nama kandidat ke DPR RI untuk mengisi jabatan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia yang sudah tiga tahun kosong---yang kebetulan dua-duanya, Anton Gunawan (Kepala Ekonomi Bank Danamon) dan Mirza Adityaswara, sama-sama lulusan FEUI. Dan Mirza yang akhirnya dipilih dan disahkan oleh DPR RI sebagai Deputi Gubernur Senior BI.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Mirza mengakui bahwa tugas yang diamanahkan kepadanya bukanlah tugas yang ringan, mengingat Indonesia tengah mengalami gejolak ekonomi dengan kondisi yang berbeda dari apa yang pernah terjadi pada tahun 2008. Saat itu, walaupun situasi ekonomi global sangat buruk, Indonesia mampu mengatasinya dengan cukup baik karena kondisi makro ekonomi Indonesia masih sangat baik.

"Sedangkan saat ini kondisi global ke arah membaik tapi rasio makro ekonomi Indonesia dalam kondisi yang kurang sehat," ujarnya di Gedung DPR.

Dengan kondisi seperti itu, Mirza berjanji untuk bekerja secara kolektif kolegial dengan seluruh jajaran Bank Indonesia untuk menjaga stabilitas perekonomian nasional dan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.

Selamat bertugas, Bung Mirza.

Share
Hits: 1654

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share