Selamat Bertugas, Bung Chatib Basri….

Category: Kiprah Alumni : Senin, 20 Mei 2013

Muhamad Chatib Basri, salah satu alumni terbaik UI yang hari ini akan dilantik sebagai Menteri Keuangan menggantikan seniornya dari FEUI, Agus Martowardojo, yang minggu ini juga akan dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. 

 Chatib Basri dikenal sebagai ekonom, peneliti dan profesional dengan gagasan dan pemikiran-pemikiran yang tajam dan jernih. Dan di kacah pemikiran ekonomi di Indonesia, rasanya tidak lengkap bila tidak menyebut ekonom muda yang akrab disapa Dede ini, terutama dibidang makroekonomi, perdagangan nasional dan ekonomi politik.

Lahir dari pasangan perantau Minangkabau, Chairul Basri (ayah) dan Nurbaiti (ibu), Chatib menghabiskan masa kecilnya di kawasan Menteng, tepatnya di jalan Prambanan. Seperti halnya anak-anak lainnya, ia pun suka bermain sepak bola bersama teman-temannya, meskipun ia mengaku dirinya bukan pemain sepakbola yang baik.

Mengalir darah seni yang kental, Chatib kecil lebih tertarik dengan bidang politik, sastra dan teater. Sejak di SMA dia aktif di teater dan sempat beberapa kali ikut pementasan Teater Cradda di Taman Ismail Marzuki. Ketertarikannya dibidang sastra dan teater rupanya tidak terlepas dari pengaruh dari pamannya, Asrul Sani, seorang sastrawan dan sutradara kenamaan.

Dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang harmonis, bakatnya sebagai pemikir terasah sejak kecil melalui kegemarannya membaca. Tidak sekedar membaca, Chatib juga terbiasa mendiskusikan isi buku-buku yang dia baca dengan ayah dan kakak-kakaknya yang juga memiliki kegemaran yang sama.

Usai lulus SMA, Chatib melanjutkan pendidikannya di Fakultas Ekonomi UI dan berhasil ia selesaikan tahun 1992. Setelah diwisuda, ia mengabdikan diri di almamaternya dan kemudian mendapat kesempatan melanjutkan studi dibidang ekonomi di Australian National University-Canberra, dan berhasil meraih gelar Master of Economic Development tahun 1996. Sembari menempuh program doktor di universitas yang sama, ia menjabat sebagai asisten peneliti untuk Prof. Hal Hill di departemen ilmu ekonomi Australia National University hingga meraih gelar PhD tahun 2001.

Kembali ke tanah air, Chatib dipercaya sebagai Associate Director for Research bagi LPEM dan menjadi peneliti tamu untuk The Institute of South East Asian Studies di Singapura. Sejak tahun 2005, Chatib telah bertugas sebagai anggota Advisory Team to the Indonesian National Team on International Trade Negotiation. Chatib juga ditunjuk sebagai konsultan di berbagai lembaga internasional seperti World Bank, USAID, AUSAID, OECD, dan UNCTAD,Asian Development Bank serta menjadi anggota Asia and Pacific Regional Advisory Group dari International Monetary Fund. Tahun 2010-2011 Chatib juga menjadi anngota High Level Trade Expert Group yang dipimpin oleh Jagdish Bhagwati dan Peter Sutherland.

Sederet tugas penting lainnya yang diemban diantaranya sebagai Penasehat Khusus Menteri Keuangan Republik Indonesia (2006-2010), Sherpa Indonesia untuk G-20 (2008) dan Deputi Menteri Keuangan untuk G-20 (2006-2010). Pendiri CReco Research Institute ini juga dipercaya sebagai Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional, menjabat komisaris di beberapa perusahaan publik dan konsultan untuk berbagai lembaga internasional.

Tanggal 14 Juni 2012, Chatib ditetap oleh Presiden SBY sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)  dengan tugas utama meningkatkan investasi di Indonesia. Dia pun dihadapkan pada tantangan ketika  kondisi perekonomian global saat itu mulai terpengaruh krisis Eropa dan Amerika Serikat yang dapat memperlambat laju investasi di tanah air.

"Ini tugas yang tidak mudah. Perlu kerja keras semua pihak agar investasi benar-benar bisa berperan besar dalam penopang pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Dalam perjalanannya, Chatib berhasil melakukan upaya-upaya untuk menarik minat investor, diantaranya mempermudah perizinan. Sebagaimana dilansir Tempo, dalam kepemimpinannya, realisasi penanaman modal pada tahun 2012 mencapai Rp313,2 triliun, atau 10,5 persen di atas target yang ditetapkan, yakni Rp 283,5 triliun.

Atas keberhasilannya memimpin BKPM dan mempertimbangkan pengalamannya luas baik di dalam maupun di luar negeri, Presiden SBY akhirnya memilih dan menetapkan Muhamad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan.

Selamat Bertugas, Bung Chatib Basri…. Semoga Tuhan Yang Maha Esa mengiringi dengan berkah dan rahmat-Nya. Amin.

Share
Hits: 1819

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share