Seminar Nasional: Lingkungan Hidup & Eksploitasi SDA

: Rabu, 06 Februari 2013

Pelestarian Lingkungan Hidup dan Eksploitasi sumber daya alam selalu menjadi isu penting nasional mengingat besarnya peran SDA dan kelestarian lingkungan bagi masa depan Indonesia.

Dan karena itu, ILUNI UI terdorong untuk menggelar Diskusi Panel Pemahanan dan pelaksanaan peraturan mengenai pelestarian lingkungan pada area eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam Indonesia, yang digelar oleh Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) di Hotel Grand Melia Kuningan Jakarta, selasa (5/2/2013).

Sebagai Keynote speaker pada acara tersebut, Menteri Hukum dan Ham Dr Amir Syamsuddin SH MH mengungkapkan bahwa salah satu penyebab semakin parahnya kondisi lingkungan saat ini adalah akibat dari pencemaran dan perusakan lingkungan itu sendiri, serta lemahnya pengawasan dan penegakan hukum lingkungan baik di tingkat pusat maupun daerah. Sudah saatnya penegakan hukum lingkungan yang konsisten merupakan suatu bentuk perlindungan kepada masyarakat dari pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Ironisnya, lanjut Menkumham, Amdal yang diharapkan sebagai perangkat kebijakan yang dipersiapkan untuk mengurangi dampak lingkungan suatu kegiatan sejak tahap awal perencanaan dan bertujuan mencegah laju pencemaran dan kerusakan lingkungan belum dapat diharapkan.

Oleh karena itu Amir berharap rencana inventarisasi lingkungan hidup, kajian lingkungan hidup dan penyesuaian rencana lingkungan serta rencana pengelolaan lingkungan hidup (RPLH) mendesak untuk segera dilaksanakan, sebab ketiga hal itu merupakan tahapan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan.

Indonesia, menurut Amir, dari segi peraturan Perundang-undangan sudah mempunyai perangkat hukum yang kuat untuk mengatur masalah lingkungan hidup secara memadai. Persoalannya diperlukan keberanian dan komitmen pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan pengawasan dan mentaati seluruh peraturan perundang-undangan yang terkait dengan lingkungan hidup.

Amir pun mengapreciate kepada Iluni UI yang mau mengadakan diskusi panel dengan tema itu, ia berharap dapat memberikan manfaat dan menambah pemahaman tentang arti pentingnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta menambah kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup.

Ketua Umum Iluni UI Dr Hj Chandra Motik Yusuf SH MSc berharap diskusi ini bermanfaat bagi pelestarian lingkungan hidup bangsa Indonesia ke depan. "Ini adalah momentum yang tepat untuk saling menggugah, bertukar pandangan dan menyatukan sikap untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan perlindungan lingkungan," kata Chandra Motik berharap.

Iapun berharap diskusi panel ini akan mendapatkan pemahaman dan penafsiran yang sama mulai dari regulator, pengawas dan pelaksana undang-undang di lapangan. "Iluni UI juga menggugah peserta diskusi berkaca balik, suatu masalah yang maha dahsyat sedang berlangsung di tengah kemelut carut marut pondasi ekonomi kita yang cukup mengkhawatirkan. Sudah saatnya kita bersama berani bersikap jujur dan mengoreksi diri, membenahi persoalan untuk kepentingan bersama bangsa Indonesia. Iluni UI optimis bila kita berkehendak, tidak ada jalan keluar yang tidak bisa kita temukan, Insya Allah," pungkas Chandra Motik.

Dalam diskusi ini juga menghadirkan para pembicara antara lain: Masnellyarti Hilman MSc (Deputy IV Menteri KLH), Ir H Tjatur Sapto Edy MT (Ketua FPAN/Wakil Ketua Komisi III DPR RI), Josi Khatarina SH LLM (Satgas Kepresidenan), Ir A Edy Hermantoro Msi, (Dirjen Migas), Prof Hikmahanto Juwana SH LLM PhD (FHUI/Arbitrase) dan lain-lain.

(Sumber: Mediasionline.com)

Share
Hits: 1748

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share