Tanggap Bencana ILUNI UI untuk Korban Banjir Jakarta & Karawang

: Selasa, 22 Januari 2013

Banjir Besar kembali melanda Jakarta dan sekitarnya pada pertengahan Januari 2013 dan Tim Tanggap Bencana ILUNI UI pun kembali melakukan aksi sosial.

Tanggal 21 Januari 2013, Ketua Umum ILUNI UI, Dr. Chandra Motik Yusuf memimpin Tim Tanggap Bencana untuk hadir di tengah-tengah korban bencana banjir di Kampung Melayu – Jakarta Timur, didampingi pengurus ILUNI UI lainnya diantaranya Desire Zuraida, Esti Handayani, Hani Cahyani, Leni Indrawati, Aziar Azies, Dewi dan Endah.

Selain menyerahkan bantuan makanan, obat-obatan dan keperluan darurat lainnya di posko bencana, Tim ILUNI UI juga menyempatkan diri untuk mendistribusikan bahan makanan secara langsung dengan menyusuri perkampungan yang terendam banjir menggunakan perahu karet dan membagi-bagikan bahan bantuan kepada korban banjir yang masih tertahan di tempat tinggalnya masing-masing.

Dr. Chandra Motik Yusuf menegaskan, selain bantuan barang-barang untuk keperluan darurat, kehadiran ILUNI UI dan berbagai komponen masyarakat di tengah-tengah masyarakat korban banjir diharapkan dapat memberi dukungan semangat kepada para korban.

Setelah Kampung Melayu, tanggal 22 Januari 2013, Tim ILUNI UI meluncur ke Kampung Gempol – Tanjung Pura – Karawang Barat yang juga menjadi korban banjir akibat meluapnya sungai Citarum. Ada sekitar 1.500 jiwa yang menghuni tenda-tenda darurat di sepanjang jalan Kampung Gempol.

Berbeda dengan Kampung Melayu, karena lokasinya yang jauh dari Ibukota, korban banjir Karawang Barat lebih memprihatinkan. Selain makanan ala kadarnya, alas tidur seadanya, tidak ada fasilitas MCK, dan sulitnya memperoleh air bersih, para pengungsi juga harus tidur berdampingan dengan binatang ternak seperti kambing, bebek, ayam dan lain-lain.

Meskipun tinggi air sudah mulai surut, namun rumah-rumah warga masih banyak yang tergenang air.Wargapun masih belum mau kembali ke rumahnya karena takut terjadi banjir susulan. "Di jalan sini kemarin airnya sedada saya pak," ujar salah seorang warga.

Dengan dibantu Jabar Kompak, Tim ILUNI UI memberikan sumbangan berupa makanan, mie instan, beras, pakaian, obat-obatan, pembalut wanita, minuman botol dan lain-lain. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban yang saat ini memang sangat memerlukan.

 

 

 

 

 

 

 

Tim Tanggap Bencana ILUNI UI, Esti Handayani (kanan) dan Hani Cahyanti (kiri) tengah membagikan bantuan kepada para korban banjir di Kampung Melayu yang masih tertahan di tempat tinggalnya.

Share
Hits: 2018

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share