Liputan Munas VII Iluni UI - 28 Mei 2016

: Senin, 30 Mei 2016

Bertempat di Auditorium Gedung 1 FIB UI, Munas VII Iluni UI telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Mei kemarin. Total dihadiri oleh 117 perwakilan dan peninjau baik dari Iluni UI sendiri maupun juga dari 13 Iluni Fakultas, 1 Iluni Pascasarjana, dan 6 Iluni Wilayah (Kepri, Jambi, Riau, Jabar, Sumsel, Maluku Utara). Berlangsung secara maraton sejak jam 10 pagi hingga tengah malam, abang-abang, mpok-mpok, kakak dan adik kita yang hadir dari semua perwakilan yang ada telah bahu-membahu dan berkerjasama dalam merumuskan beberapa keputusan untuk Iluni UI yang inklusif, integratif berlandaskan semangat pembaharuan dan perubahan demi kemajuan di masa yang akan datang.

 

Secara garis besar, Munas pada tanggal 28 Mei ini menghasilkan 2 keputusan utama, yakni:

1. Surat Keputusan terkait TataTertib & Agenda Munas
Sesudah Munas pada 28 Mei 2016 sidang dinyatakan reses dan akan dibuka kembali 29-31 Juli 2016 dengan agenda penetapan Dewan Pertimbangan ILUNI pertanggunganjawaban Pengurus ILUNI UI 2011-2014 (yg diperpanjang 2016-sesuai hasil keputusan pleno), pembahasan Garis Besar Pertanggunganjawaban Pengurus dalam komisi-komisi, pembahasan Garis Besar Kebijakan ILUNI, pengesahan & pelantikan Ketua Iluni UI baru hasil Pemilihan Raya 2016.

2. Surat Keputusan Perubahan AD/ART Iluni UI 2016
Meletakkan dasar untuk pengubahan cara pemilihan Ketua Umum dan beberapa butir pasal/ayat terkait pengubahan organisasi karena adanya jenjang pendidikan dan keterwakilan wilayah/luar negeri seperti vokasi, wilayah di luar Fakultas, termasuk didalam nya, dalmam bab Peraturan Peralihan yang mencantumkankan keputusan memperpanjang masa bakti Pengurus 2011-2014 menjadi 2011-2016, pembentukan Panitia Pemilihan & proses yg sudah dijalankan, termasuk penetapan para calon Ketua Umum.

 



Sekilas Pertanyaan Umum Mengenai Munas VII Iluni UI :

1. Apa itu Munas Iluni UI?

Forum pengambilan keputusan tertinggi di Iluni UI yang diadakan setiap 3 tahun

2. Siapa saja peserta Munas Iluni UI?

- Peserta utusan. Utusan dari iluni UI pusat/fakultas/wilayah. Punya hak bicara dan hak suara.

- Peninjau. Utusan dari iluni UI/fakultas/wilayah untuk hadir meninjau acara. Punya hak bicara. Alumni yg mau hadir tp bukan sebagai peserta, bisa meminta surat sbg peninjau ke iluni fakultasnya.

- Undangan. Diundang untuk hadir. Tanpa hak bicara dan hak suara.

3. Apa saja agenda utama yang dibahas di munas kali ini?

- AD/ART Iluni UI yang baru, termasuk landasan aturan untuk tata cara pemilihan ketua umum yg baru (Pemilihan Langsung). Pada tanggal 13 Mei 2016 yang lalu, pertemuan Ketua Iluni UI dan Ketua Iluni Fakultas memutuskan memundurkan jadwal iVote untuk merapikan landasan aturan organisasi dalam Munas. Pada Munas VI 2011 sudah ada amanat supaya pemilihan kedepan menggunakan sistem pemilihan langsung. Tp AD/ART nya belum bisa disahkan karena menunggu hasil kerja tim sinkronisasi yg dibentuk. Sementara Munas 2014 diundur karena berbarengan dgn pemilu republik. Karena itulah munas kali ini dibuka menggunakan AD ART Iluni UI hasil Munas V tahun 2007 (yang terakhir berlaku) dan akan menghasilkan AD/ART baru yang lebih baik sebagai dasar organisasi.

- Memberi payung hukum thd kepengurusan iluni UI yang sampai sekarang dipimpin Bu Chandra Motik karena memang sebelumnmya hanya diberi mandat 3 tahun oleh Munas VI 2011. Mengingat Iluni UI adalah organisasi kekeluargaan dan berorientasi masa depan secara konstruktif, maka munas meratifikasi keberadaan pengurus Iluni UI yang dipilih pada Munas VI tahun 2011 berikut semua langkah dan kebijakan yang diambil serta kepanitiaan yang dibentuk sampai Munas VII. Sementara itu, kepengurusan Iluni UI 2011-2016 yang dipimpin Bu Chandra Motik tetap harus mempertanggungjawabkan semua langkah dan kebijakannya pada Munas VII.

4. Hasil pembahasan:

1. AD-ART Iluni UI produk munas VII 2016, yang memberi payung aturan terhadap:

a. Pemilihan ketua umum secara langsung (one man on vote)

b. Keterwakilan wilayah/luar negeri

c. Peraturan peralihan yang mencantumkan keputusan untuk:

- Memperpanjang kepengurusan lama dari 2011-2014 menjadi 2011-2016 (30 Juli 2016).

- Pembentukan panitia pemilihan dan proses yang telah dilaksanakan, termasuk penetapan calon-calon ketua umum.

2. Pembahasan tata tertib munas yang menegaskan:

a. Penetapan masa reses Munas, yang dibuka kembali pada tanggal 29-31 Juli 2016.

b. Masa kerja Panitia Pemilihan, Ketua Iluni UI baru sudah harus terpilih pada tgl 31 Juli 2016.

c. Agenda munas berikutnya seperti yang sudah tercantum di atas.

3. Follow Up: Pemilihan Raya Ketua Umum Iluni UI dengan iVote akan dilakukan antara tanggal 29-31 Juli 2016. Dengan mekanisme iVote dan keterlibatan alumni semakin luas, semoga semakin banyak manfaat yang bisa dihasilkan oleh Iluni UI, Iluni Fakultas, Iluni Pascasarjana dan Iluni Wilayah kedepannya.

:-:-:-:-:-:-:

Lampiran (unduh PDF):

1. Berita Acara Munas VII 28 Mei 2016

2. Tata Tertib Munas VII 28 Mei 2016

3. Daftar Hadir Munas VII 28 Mei 2016

4. AD/ART Iluni UI 2016 (lihat di artikel terpisah)

Share
Hits: 1260

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share