Misi Kemanusiaan UI Peduli untuk Korban Erupsi Kelud

: Selasa, 11 Maret 2014

ILUNI UI dan Universitas Indonesia yang tergabung dalam Tim UI Peduli kembali bergerak untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana erupsi Gunung Kelud di Kediri – Jawa Timur.

 

Pada H+1 erupsi atau tanggal 14 Februari 2014, Nandha Julistya sebagai Ketua Disaster Management Centre ILUNI UI tiba di Kediri untuk membantu proses evakuasi korban sekaligus untuk melakukan inventarisasi bentuk-bentuk bantuan yang mendesak dibutuhkan para korban.

Pada tanggal 21 Februari 2014, Nandha Julistya memimpin Tim UI Peduli dengan enam belas anggota berangkat ke Kediri dengan membawa bahan-bahan bantuan mulai dari obat-obatan, air mineral, makanan siap saji, masker sampai dengan peralatan kebersihan (sapu hingga cairan pembersih lantai). Dengan bus kuning UI, Tim UI Perduli tiba di Kecamatan Puncu – Kabupaten Kediri, yang merupakan salah satu daerah dampak bencana terparah.

Selain membagikan bahan-bahan bantuan kepada masyarakat, Tim UI Peduli yang membawa 2 orang tenaga medis memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan membantu membersihkan dan memperbaiki fasilitas-fasilitas umum yang tertimbum abu volkanik---mengingat semua masyarakat sibuk untuk membersihkan dan memperbaiki rumah masing-masing.

Fokus kerja bhakti Tim UI Peduli adalah pembersihan dan perbaikan gedung SMP Negeri Puncu – Kediri yang rusak parah dan tertutup pasir dan batu kerikil setebal sekitar 5 cm. Tidak hanya genteng yang berlubang-lubang, plafon seluruh ruangan juga harus diganti seluruhnya karena akan sangat membahayakan mengingat kondisinya yang rapuh dan juga tertutup pasir – kerikil akibat geteng-genteng yang pecah dan berlubang. Selain membantu pembersihan dan perbaikan gedung sekolah, Tim UI Peduli juga menyumbang 1 unit komputer karena komputer milik sekolah juga rusak parah.

Bersama masyarakat Kecamatan Puncu, Tim UI Peduli juga melakukan pembersihan dan perbaikan mushola yang kondisinya memprihatinkan.

Tidak hanya membantu perbaikan fisik bangunan, selain pelayanan kesehatan gratis, Tim UI Peduli juga berusaha memulihkan kondisi psikis anak-anak dengan berbagai bentuk permainan.

Kehadiran Tim UI Peduli seakan menjadi lecutan semangat bagi masyarakat Puncu Kediri. Betapa tidak, menurut Nandha Julistya, sebelumnya masyarakat korban bencana sering mengeluh banyak orang-orang dari luar daerah yang datang tidak memberikan bantuan apa-apa melainkan hanya melihat-lihat dampak erupsi Kelud di daerah mereka. Di sidut jalan, ada papan tulisan yang menyindir mereka, “Desa Puncu Butuh Bantuan, Jangan Dilihat Saja!”

 

Share
Hits: 1396

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share