KAJI JATI BANGSA & NEGERI: Sambung Rasa Tokoh Alumni UI Lintas Generasi

: Minggu, 15 Desember 2013

ILUNI UI dibawah kepemimpinan Chandra Motik Yusuf terus berusaha untuk membangun sinergi antar alumni UI guna meningkatkan peran dan kontribusi bagi kemajuan bangsa. Salah satu programnya adalah Kaji Bangsa dan Negeri untuk mencari solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Sejak 13 September 2013, program yang digawangi Montery Darwin ini telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan tokoh-tokoh alumni guna membahas isu-isu penting dalam tiga thema pokok; yaitu bidang hukum, sosial politik, ekonomi dan industri.

Sebagai bagian program tersebut, tanggal 7 Desember 2013, Pengurus Pusat ILUNI UI menggelar acara dengan thema “Sambung Rasa Tokoh Alumni UI Lintas Generasi” di Lagoon Tower Hotel Sultan Jakarta, yang dihadiri tokoh-tokoh alumni dari berbagai angkatan. Diantaranya yang hadir adalah Anwar Nasution, Kemala Motik, Abdul Gafur, Theo L Sambuaga, Salim Said, Junino Jahja, Ryad Chairil hingga Effendy Gazali.

Seperti yang dirangkum Montery Darwin dalam akun facebooknya, pertemuan tersebut banyak menyoroti kondisi perjalanan bangsa di era Reformasi yang ternyata belum mampu mewujudkan cita-cita Reformasi. Secara umum dalam berbagai pemikiran, terungkap sebagai dampak perubahan era Orde Baru ke era Reformasi, dimana para Pemimpin Bangsa yang tampil saat itu dipentas nasional tidak dibekali dengan Konsep Pembangunan Bangsa yang lebih baik, terarah fokus dan jelas dibandingkan dari era Orde Baru.

“Ketata Negaraan, dalam pendidikan Politik dengan konsep Multi Partai pada saat ini diyakini Gagal dalam membawa Negeri ini pada tatanan Negara Demokrasi yang seutuhnya, karena konsep Multi Partai yang berlangsung saat ini, hanya memperlihatkan Demokrasi Kekuasaan. Salah satu yang ditenggarai penyebabkan kegagalan adalah, Partai gagal dalam melakukan kaderisasi dan recruitment pada Kader-kader yang diajukan sebagai Calon Legislatif. Terkesan bahwa pemilihan Calon Legislatif yang diajukan berdasarkan bargaining power kekuatan finansial,” tulis Montery Darwin.

Pemikiran-pemikiran dan hasil-hasil kajian dalam program Kaji Jati Bangsa dan Negeri ini rencananya akan dirangkum dalam bentuk buku sebagai solusi alternatif yang ditawarkan ILUNI UI dalam pergantian kepemimpinan nasional 2014 mendatang.

Share
Hits: 1380

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share