Catatan Yang Tertinggal dari Halal Bihalal ILUNI DTGPK FTUI

: Rabu, 25 September 2013

Pada hari Sabtu, 7 September 2013, Ikatan Alumni Departemen Teknik Gas Petro Kimia Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI DTGPK FTUI), kembali melaksanakan acara Halal Bihalal (HBH) bertempat di restoran Ayam Goreng Ny. Suharti yang berlokasi di Jalan Kapten Tendean No. 13, Jakarta Selatan.

Dalam sambutan di awal acara ketua ILUNI DTGPK, Mauren Toruan (Angkatan 87) menjelaskan bahwa disamping sebagai ajang reuni dan meningkatkan silahturahmi antar alumni DTGPK, HBH ini juga dimaksudkan untuk menambah wawasan alumni tentang Korupsi karena dalam HBH ini dibarengi bincang-bincang santai dengan narasumber utama Bapak Johan Budi SP, juru bicara KPK, yang merupakan salah satu alumni DTGPK angkatan 1985. Dengan tema “Mari Bersama Berbuat’, ketua alumni mengharapkan alumni DTGPK berkomitmen untuk bersama-sama melakukan sesuatu, sekecil apapun itu dalam kontribusi membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
Acara yang dimulai pada pukul 10.30  WIB ini dihadiri oleh lebih dari 120 alumni mulai dari angkatan-1 (1979) hingga angkatan 2010, termasuk para mahasiswa angkatan 2011-2012. Termasuk hadir ketua departemen Teknik Kimia (dahulu disebut dengan Teknik Gas dan Petrokimia) Prof Widodo dan para dosen Teknik Kimia UI lainnya.
 
Dimoderatori langsung oleh Ketua ILUNI DTGPK, diskusi ini dilaksanakan dengan santai dan 2 arah. Beberapa alumni juga diberikan kesempatan untuk memberikan masukan, pertanyaan, saran dll sesuai dengan isu korupsi yang berhubungan dengan tempat dimana mereka bekerja, apakah itu sebagai K3S, vendor, trader, pemain minyak dan gas bumi lainnya. Diskusi berlangsung menarik dan sesekali diselingi dengan tawa dan canda.
 
Dalam bincang-bincangnya, Johan Budi menjelaskan secara gamblang bahwa korupsi pada dasarnya adalah mengambil yang bukan miliknya, dan secara hukum dijelaskan dalam UU No. 31/1999 jo UU No.20/2001 dan dikelompokkan menjadi 7 bagian seperti suap menyuap, penggelapan dalam jabatan, pemerasan hingga gratifikasi. Pada dasarnya, KPK hanya menangani tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh penyelenggara Negara (eselon-1 atau pejabat pembuat komitmen/bendahara walaupun bukan eselon-1) atau oleh pihak lainnya yang berkaitan dengan penyelenggara Negara. Johan Budi banyak memberikan contoh penderitaan rakyat yang secara langsung atau tidak langsung disebabkan oleh tindak pidana korupsi. Apalagi di bidang MIGAS, dimana mengelola lebih dari 9 triliun rupiah per hari, sangat rentan dengan korupsi. Sebagai contoh, adanya marked up anggaran proyek yang ditengarai bisa menjadi 500 kali dari semestinya.
 
Sebagai Jubir KPK, Johan Budi juga menceritakan suka duka yang dialaminya dalam pemberantasan korupsi. Beliau memang menargetkan bahwa ada berita tentang korupsi (pengumuman tersangka, penangkapan tangan, proses pemeriksaan, dll) muncul di media setiap harinya, baik media cetak maupun elektronik, sehingga seluruh rakyat bisa mengerti dan memiliki pemahaman yang benar tentang “indahnya hidup tanpa korupsi”. Untuk itu, budaya anti korupsi harus terus dipropagandakan, demikian tandasnya.
 
Setelah hampir 2.5 jam berlangsung, bincang-bincang ditutup dengan pemberian penghargaan kepada Bapak Johan Budi berupa plakat dan piagam, sebagai apresiasi dari ILUNI DTGPK atas dedikasi yang ditunjukkan oleh alumni DTGPK ini yang secara konsisten menjaga integritasnya untuk  menjunjung tinggi dan mengajarkan kepada bangsa Indonesia perlunya menegakkan nilai-nilai kejujuran dan anti korupsi. Plakat diserahkan oleh Andy N. Soomeng (angkatan-1/1979) dan piagam oleh Samsul, Sekum ILUNI DTGPK (S2 angkatan 2001).
 
Setelah sambutan dari Ketua Departemen Teknik Kimia UI, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dengan hiburan penyanyi dan musik, serta pembagian door prize. Acara yang usai pukul 14.30 tersebut ditutup dengan photo bersama (MPLT).

Share
Hits: 1880

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share