Gegap Gempita Pagelaran Seni PSA-UI di TIM

: Sabtu, 08 Juni 2013

ILUNI Online. Paduan Suara Alumni UI (PSAUI) mengadakan Preview “Pagelaran Seni Cinta Negeri” di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jum’at malam 7 Juni 2013.

 

Meskipun dimaksudkan sebagai “pemanasan” untuk konser akbar yang direncanakan digelar bulan Oktober mendatang, pentas seni tersebut berhasil menyajikan pertunjukan yang mengundang decak kagum. Dengan tata panggung yang artistik dengan pencahayaan lampu yang diatur sedemikian rupa, pertunjukan seni terasa kental dengan nuansa klasik. Dan didukung pentas teatrikal dari mahasiswa UI, suasana menjadi dinamis dan menghibur.

Ruangan yang gelap temaram terasa hening ketika MC mulai membuka acara ditengah fokus cahaya lampu. Kemudian tabir panggung terbuka perlahan, Panduan Suara Alumni UI dengan khitmat melantunkan lagu-lagu nasional yang penuh semangat. Sekitar 400-an penonton seakan terhipnotis dengan senandung cinta negeri yang dibawakan alumni UI dari berbagai fakultas dan berbagai angkatan, dari beragam profesi dan beragam usia.

Sejenak kemudian, latar panggung berubah, gedung kampus Salemba berdiri kokoh. Tari dan lagu disuguhkan dengan suasana ceria dan bersemangat. Pentas menjadi terasa begitu hidup dengan aksi mahasiswa yang berdialog bisu di antara jendela lantai dua miniatur gedung kampus Salemba.

Selanjutnya penonton disuguhi pentas teater dari mahasiswa UI yang menggambarkan slogan “buku, pesta dan cinta.” Lucu dan menghibur, berkali-kali penonton memberikan aplaus untuk penampilan para mahasiswa UI yang piawai, lincah dan menghibur.

Pentas seni yang berlasung sekitar 2 jam itu kemudian ditutup dengan aksi Paduan Suara Alumni UI yang menyenandungkan lagu-lagu nusantara mulai dari Papua hingga Aceh, dengan penuh rasa, penuh tenaga, penuh semangat, gegap gempita dan indah sekali. Setiap anggota PSAUI mengenakan pakaian daerah yang berbeda, penuh warna, kaya corak, yang mampu mempresentasikan kekayaan budaya bangsa.

Di sesi-sesi akhir, penonton disuguhi aksi kocak konduktor PSAUI, Untung Parlindungan Siahaan, yang bergaya narcis didepan kamerawan TVRI “gadungan” seperti halnya para anggota PSAUI---suasana menjadi cair dengan gelak tawa penonton. Pagelaran juga disempurnakan dengan iringan musik yang berkarakter, dipimpin oleh konduktor musik Dyah Ratna Permatasari.

“Untuk pagelaran seni bulan Oktober mendatang, setting cerita mungkin akan dikembangkan, lebih besar lagi,” ungkap Agus Kusmintoro selaku Ketua Panitia.

Menurut Agus, misi yang diemban PSAUI adalah untuk kembali membangkitkan minat masyarakat, khususnya generasi muda, untuk mencintai seni bangsanya sendiri. Aksi PSAUI tidak hanya sebatas di Jakarta, tetapi juga di kota-kota lain di Indonesia seperti Bali dan Manado. PSAUI juga merilis album lagu-lagu nusantara yang diberikan secara gratis ke murid-murid SD di berbagai daerah.

Share
Hits: 1934

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share