Tim SEM UI 20013 Gelar Uji Coba Mobil Hemat Energi di Sirkuit Sentul

: Rabu, 01 Mei 2013

 ILUNI Onlie. Untuk menghadapi kompetisi "Shell Eco-Marathon Asia 2013", Tim SEM UI terus melakukan uji coba guna memaksimalkan performa mobil hemat energy SEM UI.

 

Dalam kejuaraan yang akan digelar di Sirkuit Sepang pada 4 – 7 Juli 2013, Tim Shell Eco Marathon (SEM) UI 2013 akan menerjunkan dua tim untuk 2 tipe mobil hemat energy; yaitu Tim Nakoela dengan mobil “Keris RV” (tipe Prototipe Gasoline) dan Tim Sadewa dengan mobil “Kalabia Evolution” (tipe Urban Gasoline).

Dua Mobil Hemat Energi Tim SEM UI, “Kalabia Evolution” (kiri) dan “Keris RV” (kanan) Dua Mobil Hemat Energi Tim SEM UI, “Kalabia Evolution” (kiri) dan “Keris RV” (kanan)

Berikut hasil 3 ujicoba yang dilakukan Tim SEM UI di Sirkuit Sentul sebagaimana yang disampaikan Ario Sunar Baskoro (dosen Teknik Mesin UI).

1. Selasa, 9 April 2013

Terdapat kendala pada mobil urban dan prototipe. Mobil urban mengalami kegagalan pada engine arena dudukan starter yang bermasalah. Pada mobil prototipe terdapat masalah karena body yang terakhir baru selesai dari workshop dan diasembly di hari sebelumnya. Walaupun ada permasalahan, tapi akhirnya bisa sampai ke Sentul. Namun karena tim datang terlambat, akhirnya mendapatkan kesempatan di jam2 akhir. Dan karena hujan turun, maka uji coba tidak dapat dilakukan. Sehingga pencapaian belum di dapatkan hasilnya.

2. Selasa, 23 April 2013

Pada kesempatan kali ini, kedua Tim datang tepat waktu yaitu pukul 12.00. Di kesempatan pertama (pukul 12.00-13.00), tim prototipe masuk track. Namun, karena ada masalah di kaca depan body yang tidak terlalu transparan (akibat masalah manufaktur), akhirnya mobil diuji coba tanpa body bagian atas. Didapatkan pada uji coba pertama dengan hasil 206 km/l.

Mobil Urban masih bermasalah pada tensioner dan setting injeksi, karena mesin diganti yang baru dan karakteristik mesin belum dapat diperoleh.

Kemudian pada kesempatan kedua (pukul 15.00-16.00), tim prototipe melakukan uji coba kedua dan didapatkan hasil 216 km/l.

Sedangkan tim urban mendapatkan hasil 169 km/l.

Untuk hasil dari tim urban sudah lebih dari waktu di Sepang yaitu 152 km/l. Namun tim Proto masih jauh dari hasil waktu di Sepang yaitu 235 km/l dan di Surabaya yaitu 334 km/l.

3. Jumat, 26 April 2013

Pada hari ini, kedua tim datang lebih awal yaitu jam 7.30 hingga 12.00.Tim prototipe mengalami kendala, berupa jari2 ban yang copot dan mesin kehilangan tenaga. Hal ini disebabkan karena ban yang dibuat custom dan kampas kopling yang sdh aus.

Setelah diperbaiki di UI, mobil proto diuji coba kembali di UI hari Sabtu, 27 April 2013 dan didapatkan hasil 386 km/l.

Pada Selasa pagi 30 April telah dilakukan ujicoba untuk mobil prototipe gasoline dan didapatkan hasil sbb:

- Uji coba I : 795 km/l

- Uji coba II & III: 500 km/l

Analisis dari hasil tersebut, pada uji coba I, mesin dan mobil dalam performa terbaik. Sedangkan pada uji coba II dan III didapatkan dudukan motor yg sedikit bergeser dan transmisi yang agak kendor sehingga losses agak banyak. Ditambah dengan karburator yang perlu diperbaiki sedikit lagi.

Sedangkan Tim Urban berhasil masuk ke track dan mendapatkan hasil 225 km/l. Sebenarnya pada malam hari sebelum uji coba, tim urban sudah melakukan pengujian di UI dan didapatkan hasil 290 km/l (drivernya adalah driver yang turun di Sepang tahun lalu). Di Sentul, tim urban melakukan eksperimen bagi para drivernya yg baru dan masih belum maksimal. Sebagai catatan, untuk tahun 2012, juara kategori Urban gasoline adalah dari ITB dengan capaian 190 km/l.

Dari hasil tersebut di atas, kedua tim akan bekerja maksimal untuk mendapatkan hasil terbaiknya pada uji coba terakhir di Sentul pada hari Kamis, 2 Mei 2013 mulai pukul 9.00 WIB. Dukungan rekan-rekan alumni UI sangat dibutuhkan, baik moril maupun material, agar tim SEM UI dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi.

Dan bila dari rekan-rekan alumni UI ingin berpartisipasi dan melihat ujicoba terakhir, dapat langsung hadir ke Sirkuit Sentul atau dapat menghubungi Ario di nomor 0878-8324-1890 dan Randy Rahmandar Ketua SEM UI di nomor 0857-1079-6602.

Share
Hits: 1600

Universitas Indonesia  ll  Direktorat Hubungan Alumni UI 

 ILUNI FE   ll   ILUNI FH  ll  ILUNI FK  ll  ILUNI FT  ll  ILUNI FKG  ll  ILUNI Fasilkom  ll   ILUNI FIB  ll  ILUNI FIK  ll  ILUNI FISIP  ll  ILUNI FKM  ll  ILUNI FMIPA  ll  ILUNI FPSI  ll  ILUNI PASCA  ll   ILUNI VOKASI 

Copyright © 2013 - Ikatan Alumni Universitas Indonesia  - All rights reserved

Share